Extrakulikuler

Aktifitas-aktifitas yang berada dalam lingkup Madrasah ARIS itu memang kurang mencukupi, maka dari itu ARIS mengadakan kegiatan-kegiatan ekstra yang bersifat formal, yang berfungsi sebagai penunjang kurikulum yang bertujuan untuk menambah ilmu pengetahuan, menambah wawasan, pengalaman dan ketrampilan Santri, diantara kegiatan-kegiatan ekstra tersebut adalah sebagai berikut :
1.    NGAJI BANDUNGAN
Dalam ngaji bandungan ini lebih cenderung menggunakan kitab kuning yang mungkin dalam lingkup kaum santri masyhur dengan apsahan jenggot guna untuk bisa mempraktekan beberapa masalah yang akan kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Adapun Ngaji bandungan terbagi menjadi 3 Versi yaitu :
A.    Pagi setelah Sorogan.
–    Kitab Tafsir Munir yang dikaji oleh KH. Masduqi AH. dan diikuti oleh siswi-siswi mulai dari kelas 3-6
B.    Ba’da Dzuhur.
–    Kitab Baghiah yang disampaikan oleh Masyayikh kita Romo KH. Hafidhin Ahmad Dum dan diikuti oleh oleh siswi kelas 3 – 6 juga ustadzah
–    Kitab I’anatun Nisa’ dan Muhtasor oleh bapak Kyai Baidlowi Abi Darda’ yang diikuti oleh siswi kelas SP-1
–    Kitab Syarah imrithi oleh kyai M Ghufron Cholil yang diikuti oelh siswi kelas 2
–    Kitab Adabuddunya waddin yang bersifat umum
C.    Ba’da Ashar
–    Kitab Afatulissat yang diikuti oleh adik-adik kita mulai kelas Sp – II
D.    Ba’da Subuh.
–    Kitab Shuhufu Musa yang disampaikan oleh KH. A. Fauzi Shodaqoh yang diikuti oleh semua santri pada setiap hari selasa dan jum’at.
2.    JAM’IYAH BERJANJI
Jam’iyah ini berjalan dibawah pengawasan sie organisasi disamping itu ada jam’iyah quro dan khitobah.
Jam’iyah terdapat 2 macam :
A.    Jam’iyah Sughro, dilaksanakan setiap jum’at dimasing-masing complek
B.    Jam’iyah Kubro, dilaksanakan setiap jum’at kliwon yang diikuti semua santri diaula complek IC
3.    JAM’IYAH QURO’
Forum ini sebagai ajang pengembangan bakat dalam hal ini seni baca al qur’an dan sholawat Nabi, dilaksanakan pada tiap hari jum’at pagi setelah ro’an dan yang di bimbing oleh Bapak mudzakir dari kaliwungu sendiri.
4.    KHITOBAH.
Mental santri dan keahlian dalam bahasa akan diuji dalam majlis ini, dan pada tahun sekarang diadakan khitobah dengan memakai 2 bahasa, minggu pertama menggunakan bahasa Indonesia, minggu yang kedua menggunakan bahasa kromo. Jadwal acara dijadikan satu dengan jam’iyah berjanji.
5.    TAHLIL
Tahlil dilaksanakan 3 kali dalam satu minggu, malam jum’at ( Ba’da Maghrib ) bertempat dimusholla PPP. ARIS dipimpin oleh Kyai M. ghufron Cholil dan malam selasa Tahlil dilaksanakan di Complek masing-masing dan dipimpin oleh petugas complek.
Tiap jum’at siang diadakan tahlil perkamar dan dipimpin oleh petugas kamar.
6.    NGAJI BERJANZI.
Setiap malam selasa ba’da maghrib diadakan ngaji berjanzi dikamar masing-masing dengan disimak oleh pengurus complek dengan sistem per Individu.
7.    REBANA
Aktifitas yang sangat efektif sekali untuk menghilangkan kejenuhan, bila terdengar tongtong Bling, itulah Group Rebana sedang beraksi, latihan dilaksanakn tiap malam jum’at ba’da Jam’iyah dan ikuti oleh santri-santri yang berbakat, group rebana yang personalnya semua Putri ini selalu siap menerima undangan dalam berbagai acara.
8.    MUJAHADAH QIYAMUL LAILY
Mendekatkan diri kepada sang kholik ini dilakukan tiap hari pada jam 02.30 sampai 03.30 pagi di musholla dengan wiridan yang dipimpin oleh ustadzah yang bertugas dan diikuti oelh per Complek, mujahadah ini dilaksanakan dengan sistem Dour to dour ( bergilir ) antar complek dan bagi anggota yang tidak mengikutinya akan dikenakan sanksi di ta’zir.
9.    ASMAUL HUSNA
Taqorub kepada sang Kholik tak hanya dalam mujahadah saja bahkan dengan membaca asmaul husna setiap malam jum’at dan selasa, jam 03.00 pagi dipimpin oleh complek bertugas yang diikuti oelh semua santri dalam hal ini banyak Fenomena yang tidak terlupakan
10.    LALARAN JUZ AMMA
Dilaksanakan setiap malam sabtu, setelah jamaah Maghrib di Musholla dengan dipandu 2 anak utusan secara bergilir yang telah diberi tugas oleh Sei pendidikan dan diikuti semua santri, sedangkan santri yang udzur membaca Asmaul Husna diaula complek E
11.    SIMAAN AL QUR’AN
Dilaksanakan setiap hari selasa dan jum’at ba’da ashar, bertempat dimusholla diikuti oleh santri yang tidak udzur dan bagi yang udzur membaca qosidah burdah diaula complek E
12.    MEMBACA QOSIDAH MUNFARIZAH.
Dibaca oleh santri yang adzan setiap hari selasa dan jum’at ba’da shubuh diaula complek E, sedangkan santri yang tidak udzur (Suci) membaca al qur’an.
13.    BERKREASI
Untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan seksi kewanitaan mengadakan berbagai macam ketrampilan dari cara membuat makanan ringan menbuat kue sampai bunga dan masih banyak lagi ketrampilan yang lain.
14.    BAHTSUL MASAIL
Bahtsul Masail ( membahas beberapa masailuddin ) ada 2 Bagian :
A.     Bahtsul Masail Sughro.
Dilaksanakan setiap hari kecuali selasa dan jum’at dan diikuti oleh siswi kelas 3-6 yang dibagi atas 20 kelompok dalam 4 ruang.
B.    Bahtsul Masail Kubro
Dilaksanakan 1 tahun 3 kali oleh panitia Bahtsul Masail dengan dihadiri oleh semua Ustadz dan Ustadzah, pesertanya diambil dari kelompok Bahtsul Masail Sugro, masing-masing mengirimkan 2 utusan dan diambil dari perwakilan kelas mulai kelas 3-6 masing-masing kelas mengutus 3 utusan.
15.    RAPAT BULANAN.
Dilaksanakan 1 bulan sekali oleh pengurus pusat PPP. Aris untuk dimintai pertanggung jawaban dalam menjalankan tuganya antara lain
A.    Sie Pendidikan Bertugas, membuka perpustakaan dan mengkoordinir acara hataman
B.    Sie Keamanan, bertugas mengkoordinir setiap jalannya kegiatan dan menampung barang temuan.
C.    Sie Organisasi, bertugas mengkoordinir jam’iyah PHBI ( Pelaksanaan Hari Besar Islam ) dan Rebana.
D.    Sie Kebersihan Bertugas mengkoordinir Ro’an, kemit / kerja bakti
E.    Sie Kebersihan bertugas mengkoordinir pengisian minyak kompor milik kantor, pembuangan nasi basi dan mengadakan ketrampilan
F.    Sie Humas bertugas  mengkoordinir pemasangan koran, mengkoordinir pengeposan surat.
16.    SENAM.
Untuk menghilangkan kejenuhan dan kepenatan dalam belajar maka setiap jum’at pagi diadakan senam. Untuk menjaga kesehatan jasmani dan  Rohani yang diikuti segenap santri dan dikoordinir oleh petugas isma’i.
17.    TARBIYAH.
Adalah sebuah kegiatan rutin yang diadakan oleh isma’i yakni mengadakan Praktek Ubudiyah yang diambil dari kitab Pelajaran masing-masing kelas. Seperti praktek wudhu dan sholat bagi kelas SP, Sholat Jama’ Qhosor bagi kelas 1, Sholat Ghoib, sujud syukur. Bagi kelas 2-4 bagi kelas 5-6 praktek mengkafani mayit.

%d bloggers like this: